Senin, 23 Februari 2009

PENTINGYA KEGIATAN DAKWAH DI KAMPUS

Begitu cepatnya perkembangan teknologi informasi maupun telekomunikasi masa sekarang ini mengakibatkan semakin mudahnya pula pekerjaan yang dilakukan oleh manusia, sehingga pertumbuhan ekonomi penduduk dapat berkembang dengan cepat yang pada akhirnya dapat terciptanya masyarakat yang tidak ketinggalan informasi dan menjadi masyarakat yang berpengetahuan serta memiliki sumber daya manusia yang unggul sehingga dapat mengurangi tingkat kemiskinan. Namun demikian dari sekian banyak dampak positif dari teknologi informasi dan telekomunikasi tersebut kadang terlupakan dampak negatif yang ditimbulkannya, sehingga banyak terjadi tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat seperti halnya tindakkan kriminalitas yang meresahkan banyak masyarakat.


Dengan keadaan seperti ini diperlukan sebuah penyadaran bagi mereka yang melakukan tindakan yang menyeleweng tersebut maupun bagi yang belum melakukannya untuk tidak melakukan dan mencegah tindakkan tersebut. Sehingga selalu mentaati peraturan-peraturan sosial yang berlaku dan sesuai dengan kaidah-kaidah agamanya. Salah satu cara penyadaran yang dilakukan yaitu dengan berdakwah atau menyeru pada yang makruf (kebaikan) dan mencegah dari yang mungkar (kejelekan).

Kampus adalah suatu lingkungan yang khas dari suatu masyarakat. Masyarakat kampus adalah mereka yang menempati posisi yang istimewa, berbagai atribut dikenakan kepadanya seperti agen pembaharu (the agent of change), kelompok cendekiawan atau pemikir dan istilah lain yang pada dasarnya merujuk pada kepeloporan masyarakat kampus dalam segala bidang kehidupan utamanya yaitu Sosial, Politik, Ekonomi dan IPTEK. Masyarakat kampus terutama Dosen dan Mahasiswa menempati posisi yang sangat strategis. Dengan demikian dakwah di Kampus pada dasarnya merupakan bagian integral dari Dakwah yang secara umum dilakukan oleh umat Islam, akan tetapi Dakwah di Kampus memiliki perbedaan tersendiri, terletak pada objek dakwahnya yang mempunyai karakteristik khusus yaitu terdiri dari kalangan orang-orang terpelajar dan intelektual.

Mahasiswa adalah sosok yang memiliki intelektualitas tinggi dan kemampuan bergerak yang sigap serta mobilitas yang tinggi. Masa-masa pemuda adalah masa yang paling produktif untuk mengerjakan sesuatu hal, oleh karena itu fase produktif tersebut akan sangat disayangkan sekali jika dimanfaatkan untuk kegiatan yang malah menjauhkan mereka dari agama Allah SWT. Rosulullah SAW pun senantiasa memberikan perhatian khusus pada para pemuda untuk selalu menciptakan kegemilangan dan prestasi yang memukau serta dijadikan teladan. Proses dakwah kampus yang berkesinambungan menjadi wajib untuk dihidupkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar